Desa Wisata Balla peu’

Perkampung  Tradisional Balla Peu’.

desa balla pue1Terdapat lebih dari 100 buah Rumah tradisional masing-masing dengan Lumbung Padi yang ditempatkan pada bagian depan rumah. Perkampungan Tradisional ini dibangun secara berderet diatas bukit dengan ketinggian  ± 1400 M  diatas  permukaan laut. Terletak di Desa Balla Tumuka’ Kecamatan Balla. Karena keunikan dan ragam budaya/obyek wisata yang dimiliki, desa Balla Tumuka’ telah di tetapkan sebagai Desa Wisata.

Balla Peu’ berarti Wilayah yang dibuka dengan membakar, yang kemudian secara alami di tumbuhi sayur – sayuran.

 

 DSC01017_450x600Karena keunikan yang dimilikinya, maka 2_800x600desa tersebut ditetapkan sebagai Desa Wisata. Bahkan desa tersebut sedang diusulkan oleh Dinas Peinggalan Sejarah dan Purbakala di Makassar menjadi cagar budaya internasional yang setara dengan Candi Borobudur.

 

 

 

Liang Tedong-Tedong

 Liang Tedong-Tedong terletak di Buntuballa, kec. Balla. Didalamnya terdapat wadah penyimpanan mayat ( Erong ). Makam kayu yang telah berusia ratusan tahun ini berjumlah 19 buah, ada yang berbentuk perahu dan ada pula yang berbentuk kerbau (Tedong). Erong berdiameter antara 70-120 cm , mempunyai panjang 2-3 m dan tinggi 1-2 m serta terbuat dari kayu local kelas satu ( Uru ).

 

 

 

 

Makam ini berlokakuburan tua tedong tedong1si dipinggir jurang sehingga diharapkan untuk berhati-hati ketika menuju tempat tersebut. Selain itu, sering juga terlihat salah satu jenis serangga yaitu Lebah sebagai penjaga makam tersebut, sehingga sebelum masuk kedalam tersebut, diharapkan untuk membawa Sirih Pinang dan diletakkan didepan kuburan dengan harapan agar penjaga kuburan dapat menerima pada saat kita berkunjung.

 

 

Menuraut cerita, pada masa lampau terjadi banjir yang menimpa lembah tersebut kuburan tua tedong tedong2dan semua makam kayu tua hanyut terbawa arus air sungai. Namun, makam-makam kuno ini tidak jauh terseret arus dan tanpa disentuh tiba-tiba makam ini berkumpul kembali pada tempatnya seperti semula, kecuali satu makam kayu yang terbawa arus sampai ke kec. Messawa. Sehingga tempat ini diberi nama Minaga, yang diambil dari nama tempat asal makam sebelum terhanyut yaitu Minanga Buntuballa. Makam Tedong-tedong terdaftar sebagai Benda Cagar Budaya Nasional.

 

Pemandangan Alam Buntu Mussa’

DSC01002_800x600Foto0193

 

 

 

 

 

 

DI PUNCAK MUSSA KITA DAPAT MENIKMATI DSC01012_800x600PEMANDANGAN ALAM YANG INDAH SERTA ATAP RUMAH DESA WISATA BALLA PEU’

 

 

 

 

 

Tari Bulu Londong

 tarian bulu londong1Tari Bulu Londong adalah tari yang mengeskpresikan kegembiraan karena telah memenangkan sebuah pertempuran. Kini ditampilan pada acara penyambutan tamu – tamu penting/acara suka (Rambu Tuka’).

Tari Bulu Londong salah satu Tarian Warisan budaya turun-temurun yg di wariskan  bagi masyarakat Balla.

tarian bulu londong2

 

 

Foto Tarian Bulu Londong Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa

 

 

 

Infrastruktur Desa Balla Peu’ – Ibu Kota Kabupaten Mamasa

jalan balla peu1jalan balla peu2