Sarana Prasarana

1.      Infrastruktur

Kabupaten Mamasa adalah satu-satunya kabupaten dipropinsi Sulawesi Barat yang tidak memiliki laut, oleh karena itu sarana  perhubungan yang  ada saat ini hanya berupa perhubungan darat . Namun  telah dibangun infrastruktur udara, berupa pembangunan Bandar Udara kecamatan Sumarorong.

 Infrasruktur Transportasi Darat.

Infrastruktur transportasi darat khususnya yang menghubungkan Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Tanah Toraja menjadi pilihan utama bagi sarana  transportasi penduduk dari dan keluar Kabupataen Mamasa.

Prasarana jalan raya merupakan prasarana angkutan darat  yang sangat penting untuk memperlancar kegiatan perekonomian, apalagi daerah yang baru terbentuk seperti kabupaten Mamasa . Usaha pembangunan yang meningkat  menuntut adanya sarana transportasi  untuk menunjang mobilitas penduduk dan kelancaran distribusi barang dari dan ke suatu daerah.

Dalam rangka meningkatkan aksessibilitas wilayah di kabupaten Mamasa , pemerintah daerah telah berusaha menyusun program dan melaksanakan  kegiatan pembangunan infrastruktur transportasi darat, khususnya jaringan jalan dan jembatan, dengan prioritas sebagai berikut:

  1. Pembangunan dan peningkatan jaringan jalan yang menghubungkan Ibukota    Kecamatan.
  2. Pembangunan dan  peningkatan jalan ke  wilayah-wilayah perbatasan kabupaten   Mamasa dengan kabupaten lainnya di Sulawsi Barat dan Sulawesi Selatan.
  3. Pembangunan dan peningkatan jalan kekantong –kantong produksi dan wilayah   potensial  lainnya  seperti ke objek wisata dan daerah pertanian yang potensial.

Panjang jalan yang ada di kabupaten Mamasa pada tahun 2010 sepanjang 2.232,60 Km yang terdiri dari 108 Km jalan Negara, 282 Km jalan Propinsi dan 1.842,60 Km jalan Kabupaten.

Infrastruktur Transportasi Udara.

Dengan terbangunnya bandara Perintis Sumarorong maka akan memperlancar arus transportasi dari dan keluar Kabupaten Mamasa, sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk mengunjungi Mamasa dan sekitarnya.

Infrastruktur Transportasi Udara berupa Bandara Perintis telah dibangun mulai tahun 2011 dikabupaten  Mamasa yang berlokasi di Kecamatan Sumarorong yang jaraknya Kurang lebih 38  Km dari kota Mamasa.

Sarana Telekomunikasi.

Sesuai dengan perkembangan teknologi, alat komunikasi seperti telepon, telepon selular (handphone), dan komputer menjadi salah satu fasilitas yang sangat pesat pertumbuhannya.

Salah satu sarana komunikasi dua arah, dimana kita dapat langsung berkomunikasi dengan seseorang adalah dengan menggunakan handphone ( telepon genggam).

Kemudian sarana telekomunikasi lainnya adalah seperti komputer dengan akses internet .  Kabupaten Mamasa termasuk Kabupaten yang pesat dalam perkembangan telekomunikasi termasuk akses internet. Hal ini dapat kita lihat bahwa masyarakat sudah dapat menggunakan akses internet ini untuk memenuhi kebutuhan sarana telekomunkasi .

Sarana komunikasi lainnya adalah terdapatnya dua kantor pos di Kabupaten Mamasa, masing-masing berada di Kecamatan Sumarorong dan Kecamatan Mamasa. Sebelum alat telekomunikasi masuk ke kabupaten Mamasa, masyarakat Mamasa hanya dapat menggunakan kantor pos sebagai sarana komunikasi.

Sarana Kesehatan.

Kesehatan sangat penting peranannya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah. Indikator untuk melihat majunya kesehatan diantaranya lengkapnya fasilitas kesehatan  dan tercukupinya tanaga medis yang berkualitas. Pada tahun 2010 tercatat bahwa di kabupaten Mamasa 1 Rumah Sakit  Umum dan 1 Rumah Sakit Swasta.

Selain Rumah Sakit, di tiap-tiap Kecamatan juga terdapat Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Poskesdes. Jumlah dokter umum yang tercatat dikabupaten Mamasa hingga pada tahun 2010 ebanyak 15 orang dan bidan sebanyak 104 orang.

 

2. Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia  sangat penting peranannya dalam pembangunan. Untuk itu, pembangunan yang dilakukan bermuara pada pembanguanan manusia. Salah satu komponen dalam pembanguan manusia adalah peningkatan dibidang pendidikan, karena merupakan suatu sarana untuk meningkatkan kecerdasan dan  keterampilan manusia. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah Kabupaten Mamasa sangat konsisten dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Program pendidikan mempunyai  andil yang sangat besar  terhadap kemajuan bangsa, ekonomi dan social,  sehingga keberhasilan  pembangunan dibidang pendidikan merupakan salah satu parameter untuk mengetahui kesejahteraan rakyat.